Selasa, 16 Desember 2014

Macam-Macam Desktop Environment (DE)

Apa sih DE itu?
Biasanya bisa disebut juga GUI (Graphical User Interface) di windows atau tampilan desktop lah.
Berikut beberapa DE yang populer saat ini:

1. Unity
Unity adalah Desktop milik Ubuntu yang sangat ideal bagi pengguna. Dengan Desain yang modern memudahkan pengguna mencari aplikasi, browser, office, Music, file manager, dll dengan satu menu dan hanya dengan mouse atau keyboard saja.

2. GNOME
GNOME (GNU Network Object Model Environment) dibangun dengan GTK+ dan GUI Toolkit. Didesain dengan tampilan modern dan pola yang sederhana. Secara keseluruhan terdiri dari software gratis. Banyak menyediakan fitur-fitur tambahan yang selalu update. Gnome telah digunakan pada banyak distro linux seperti ubuntu, fedora, suse, dll.

 3. Cinnamon
Cinnamon adalah Desktop milik Linux Mint salah satu turunan ubuntu yang populer saat ini. Didesain sangat modern seperti tampilan start pada windows 7 dengan menggabungkan desain gnome pada menu startnya. Hal ini memudahkan pengguna untuk mencari aplikasi/file dalam satu menu tersebut. Apabila bosan dengan tampilan yang sederhana, pengguna bisa merubah dengan tema yang telah disediakan.

4. KDE
KDE adalah singkatan dari K Desktop Environment. Tampilan KDE merupakan tampilan klasik, seperti windows XP. Bagi pengguna yang baru beralih dari windows ke linux, pemakaian desktop KDE adalah tepat karena memudahkan pengguna dalam rangka bermigrasi ke linux. KDE telah banyak digunakan di berbagai macam distro.
5. XFCE
XFCE adalah singkatan dari Xform Common Environment. Desktop ini didesain agar berjalan sangat ringan. Oleh karena itu tampilannya pun sangat sederhana dan tidak modern. Namun bagi pengguna yang menghendaki kinerja komputer yang cepat, pilihlah desktop XFCE. konfigurasi sepenuhnya digerakkan oleh mouse. Basis yang dgunakan adalah GTK+2 (sama dengan GNOME). Desktop ini bisa digunakan pada berbagai macam distro.
6. Mate
Desktop Mate merupakan pengembangan dari desktop GNOME 2, menyediakan tapilan yang intuitif dan menarik untuk generasi unix. Didesain agar lebih ringan digunakan dengan menjaga desktop tradisionalnya. Distribusi desktop mate telah banyak digunakan pada beberapa distro besar.

Demikian beberapa Desktop yang mungkin anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan ... semoga bermanfaat...

1 komentar: