Sabtu, 01 November 2014

Memahami Beberapa Istilah yang Berhubungan dengan Komputer

Nah sobat, ketika berbicara tentang komputer, pasti banyak menggunkan istilah yang masih bayak kurang dimengerti. Karena istilah - istilah tersebut bukan sekedar bahasa Inggris biasa, namun juga ada singkatan-singkatan dan istilah baru yang muncul yang dibuat oleh penciptanya. Contoh kecil misalnya, bila ingin membeli sebuah PC, kita akan menemukan banyak kata berkaitan dengan komputer yang masih sulit dipahami. Maka perlu sedikit-sedikit mengetahui beberapa istilah yang sering muncul dalam dunia komputer yang umum digunakan.

Berikut beberapa istilah terkait dengan komputer;

Gigahertz (GHz)
Sebuah pengukuran yang biasa digunakan untuk menunjukkan kecepatan processor. Juga disebut kecepatan clock. 1 Gigahertz (GHz) = 1 miliar siklus per detik. Angka yang lebih tinggi digunakan untuk menunjukkan processor yang lebih baik.

Core dan Thread
Core dan Thread berfungsi bersama-sama. Processor multicore adalah chip tunggal yang terdiri dari dua atau lebih processor  atau core yang berbeda. Multi threading memungkinkan setiap core mengerjakan dua tugas sekaligus. Membuat kita mengerjakan banyak hal pada waktu bersamaan.

LGA 1155, LGA 1150, LGA 2011, dll
LGA merupakan singkatan dari Land Grid Array, termasuk jenis socket yang digunakan CPU berbasis Intel. Sefangkan angka 1155, 1150, 2011 merupakan jumlah kaki pin pada processor. Angka di belakang juga menunjukkan seri pengeluaran LGA dan saat ini yang paling akhir dikeluarkan adalah LGA 1150.

Chipset Motherboard
Chipset pada motherboard berfungsi untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer serta mengontrol masukan dan keluaran (output & input) komputer. Biasanya produsen menamai jenis - jenis chipset yang dipasang pada motherboard menunjukkan tingkat teknologi yang dipakai pada motherboard tersebut.

MB (Megabyte), GB (Gigabyte), & TB (Terabyte)
Istilah ini digunakan untuk menjelaskan ukuran ruang penyimpanan atau disebut juga dengan disk. 1 TB = 1.000 GB, & 1 GB = 1.000 MB. Istilah ini biasa digunakan untuk Flash disk, hardisk, & RAM.

RAM (Random Access Memory)
Bagian yang berfungsi untuk memproses apa yang dikerjakan user. Biasa disebut 'Memory'.



Demikian, semoga bermanfaat ya....

0 komentar:

Posting Komentar